Ente Pengunjung Ke

4 Perbedaan Dunia Sekolah dan Dunia Kuliah




Banyak yang bilang kalo kuliah itu sama aja kayak sekolah, sama-sama buat belajar.

Sungguh itu adalah pandangan yang keliru, bung! Kuliah itu beda sama sekolah, sebab kalo sekolah itu di sekolahan, sedangkan kalo kuliah itu di kampus.

Nggak deng, ini dia nih empat hal yang ngebedain dunia sekolah sama dunia kuliah:

1. Diselipin
Sadar gak sadar (yang pasti sih enakan gak sadar, yang ngerti-ngerti aja), semasa sekolah tuh kita udah dipaksa buat disiplin, atau dengan kata lain, disiplin kita tuh gak ikhlas. Gimana gak jadi disiplin, lah sekolah kebanyakan peraturannya. Masuk jam 7, harus pake seragam, baju harus dimasukin, dan masih banyak peraturan lain yang banyaknya gak keitung kayak jumlah uban di rambut Morgan Freeman.

Sebaliknya dari ladang, kuliah itu akan menempa mental disiplin lo sebenarnya. Akan langsung terlihat dengan jelas siapa yang emang niat disiplin dan yang mana yang gak niat, disiplin dalam hal belajar tentunya. Soalnya kuliah itu lu yang nentuin sendiri jadwal lu, lu yang nentuin sendiri baju apaan yang lu make, gak bakal ada tuh yang nyuruh-nyuruh lu masukin baju. Jadi, disiplin itu diselipin dalam kehidupan sehari-hari lo sebagai mahasiswa... kalo mau lulus cepet. Kalo mau itu juga. Kayak gua misalnya, gua inisiatif sendiri masukin baju, bukan atas perintah orang lain atau terpaksa karena peraturan. Masukin baju ke dalem tas karena lepek keujanan.

2. G4UL
Baik di masa kini, di masa lampau, di masa depan, maupun di masa lahlo, pergaulan itu akan selalu penting adanya. Gak peduli lu mau bergaul sama siapa dan di mana, pada akhirnya itu akan mengantar lu kepada pengalaman dan pelajaran hidup yang gak bakalan lu dapetin di bangku pendidikan formal.

Di sekolah pergaulan kita yang pasti terbatas cuma sama teman-teman satu lingkungan sekolah doang, soalnya kan gak sembarangan orang boleh masuk sekolah kita, harus melangkahi mayat satpam dan guru piket dulu. Ya mentok-mentok paling bergaulnya sama tukang rokok di warung depan sekolah, itu juga akrabnya gara-gara sering diutangin. Beda kalo kuliah, dijamin pergaulan lu bakalan semakin luas, seluas dadanya John Cena. Karena di kampus itu siapa aja bebas boleh dateng, gak bakal ada yang ngecek lu siapa dari mana asalnya, keperluannya apa, manusia apa iguana? Jadi kalo misalnya lu mau bawa bokap lu tiap hari ke kampus terus lu kenalin ke temen-temen lu sebagai pembantu lu juga bisa-bisa aja.

3. Kesejahteraan
Masalah kesejahteraan itu bukan cuma urusannya negara doang, melainkan masalah yang cukup pelik juga buat mahasiswa. Gimana gak kepikiran masalah sejahtera, soalnya mahasiswa itu kerja aja belum tapi pengeluaran udah seabrek, alias pengeluaran lebih besar dari pemasukan. Duit dari ortu juga paling abis buat fotokopi sama nge-print makalah. Belum lagi beli buku, beli gorengan, patungan beli minum, patungan nyewa helikopter, dan lain-lain. Apalagi kalo ngekost, dijamin jauh dari kata sejahtera. Nggak usah dijelasin lagi dah, udah kebanyakan sengsaranya anak kost mah. Ya kecuali kalo emang dasarnya anak orang kaya yang sekali ngomong “Pak” ke bokapnya langsung dikasih duit 500 ribu. Bayangin coba kalo 10 kali “Pak,” dapet tuh 5 juta.

Bandingin coba kalo sekolah. Tiap hari dikasih duit jajan udah sesuai keadaan hidup anak sekolah, rasanya pas-pas aja gak kekurangan. Soalnya rutinitasnya kan itu-itu aja tiap hari, berangkat dari rumah - masuk sekolah - nongkrong bentar - pulang. Ya kekurangannya paling kalo udah nyangkut urusan beli-beli keperluan pribadi, tapi itu mah gak masuk itungan.

4. Per-indehoy-an
Nah ini dia nih yang paling ngebedain jaman sekolah sama jaman kuliah. Kalo masih sekolah itu mau pacaran enak ya mentok-mentok nunggu rumah kosong, lempar-lempar kode dikit terus indehoy dah. Udah gitu ya namanya juga anak sekolah, pasti masih malu-malu. Beda kalo kuliah, indehoy-nya dijamin lebih berasa. Kenapa lebih berasa? Soalnya kalo kuliah itu pacaran pasti udah tau sama tau kemauan (yang ngerti-ngerti aja). Apalagi kita minimal pasti punya temen yang ngekost, jadi bisa pinjem dah tuh kostannya. Atau sekalian aja diniatin cari pacar yang ngekost juga, jadi biar bisa indehoy terus. Kalo perlu seminggu gak keluar kamar sekalian, jadi bisa lebih masuk pelajarannya yang dipelajarin bareng pacar selama seminggu.

Kalo lo pada, apa aja perbedaan yang dirasain antara sekolah dan kuliah?

>> courtesy <<

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.